About

Sunday, November 28, 2010

Alat pemproses



Alat Pemproses adalahalat dimana instruksi-instruksi program diproses untuk mengolah data yang sudah dimasukkan melalui alat input dan hasilnya akan ditampilkan pada alat output.

Alat pemproses terdiri dari :
1.    CPU (Central Processing Unit)
2.    Main Memory

1.    CPU (Central Processing Unit), merupakan tempat pemprosesan instruksi-instruksi program.

CPU terdiri dari dua bagian utama, yaitu :
·      Control Unit (unit kendali)
Control Unit mengatur kapan alat input menerima data dan kapan data tersebut akan diolah serta ditampilkan pada alat output, mengartikan instruksi-instruksi dari program komputer membawa data dari alat input ke main memory, mengambil data dari main memory untuk diolah. Bila ada instruksi-instruksi untuk perhitungan arithmatika atau perbandingan logika control unit mengirim instruksi tersebut ke aritmetic and logic unit.

·      ALU (Arithmetic and Logic Unit)
Tugas utama dari ALU adalah melakukan semua penghitungan arithmatika atau matematika yang terjadi sesua dengan instruksi program.
Tugas lain dari ALU adalah melakukan keputusan dari logika sesuai dengan instruksi program. Operasi logika meliputi perbandingan dua elemen logika dengan menggunakan operator logika, yaitu : (=, <>, <, <=, >, >=)

Disamping dua bagian utama tersebut, CPU mempunyai beberapa simpanan yang berukuran kecil yang disebut dengan Register.
·      Register merupakan simpanan kecil yang mempunyai kecepatan tinggi, lebih cepat sekitar 5 s/d 10 kali dibanding dengan kecepatan perekaman atau pengambilan data di main memory.
Register digunakan untuk menyimpan instruksi dan dataa yang sedang diproses oleh CPU, sedangkan instruksi dan data lainnya yang menunggu giliran untuk diproses masih disimpan di main memory.

2.    Main Memory
CPU hanya dapat menyimpan data dan instruksi di register yang ukurannya sangat kecil, sehingga tidak dapat menyimpan semua informasi yang dibutuhkan untuk keseluruhan proses dari program. Untuk mengatasi hal ini, maka dialat pemproses dilengkapi dengan simpanan yang kapasitasnya lebih besar yang disebut dengan main memory/main storage/internal memory.
Main Memory terdiri dari RAM dan ROM
·      RAM (Random Access Memory)
Semua data dan program yang dimasukkan melalui alt input disimpan terlebih dahulu di main memory. RAM merupakan memory yang dapat diisi dan diambil isinya oleh programmer (useer).
Struktur dari RAM dibagi menjadi 4 bagian :
1.       Input Storage, digunakan untuk menampung input yang dimasukkan melalui alat input.
2.       Program Storage, digunakan untuk menyimpan instruksi program yang akan diproses.
3.       Working Storage, digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah dan hasil dari pengolahannya
4.       Output Storage, digunakan untuk menampung hasil akkhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat output.

·      ROM (Read Only Memory)
Memory ini hanya dapat dibaca saja, programer (user) tidak dapat mengisi sesuatu kedalam ROM, ROM sudah diisi oleh pabrik pembuatnya, berupa sistem operasi yang terdiri dari program pokok yang diperlukan oleh sistem komputer, seperti program untuk mengatur penampilan karakter dilayar, pengisian tombol-tombol kunci di keyboard untuk keperluan tertentu dll.
Isi dari ROM tidak boleh rusak atau hilang, bila terjadi demikian, maka sistem komputer tidak akan berfungsi lagi.

0 komentar:

Post a Comment